Jadi Pribadi Yang Tenang

Entah kenapa sampai hari ini aku masih menjadi orang sulit dalam mengendalikan diri. Pada waktu yang tidak seharusnya aku marah, aku marah. Pada waktu yang seharusnya aku tetap tenang dan mengontrol gaya bicara, aku tidak bisa mengontrolnya dan malah larut mengikuti emosi. Hal-hal yang masih saja tak mampu kujangkau dalam mendewasakan diri cukup banyak, salah satunya soal seperti itu tadi. Sifat seperti emosional, tempramental dan mudah larut itu terlalu nyata tanpa disadari.

Sepertinya aku memang sudah menemukan jawabannya mengapa aku menjadi seperti itu. Penyebab dari sifatku yang seperti itu adalah pengalaman dari masa kecilku sendiri. Dimana aku berada dalam superioritas banyak orang. Hingga kemudian itu menjadikan diriku pribadi yang mengidap inferiority complex. Hal itu betul-betul terasa sampai saat ini.

Aku tak tahu harus bagaimana mengatasi keadaan diri yang seperti ini. Sepertinya tidak mungkin untuk terus menjaga kesadaran dari dan mengontrol emosi jiwa untuk tetap menjadi pribadi yang tenang. Pastinya akan ada waktu dimana alam bawah sadar itu yang mengambil peran dalam diri. Alam bawah sadar yang emosional dan mudah larut. Apakah kepribadian itu sudah terpatri dalam diriku dan tidak dapat diubah lagi?

Dari dalam diriku yang emosional dan mudah larut dalam keadaan ini, sesungguhnya aku berharap menjadi pribadi yang tenang dan mampu mengontrol diri.

Komentar