Pada Sebuah Bacaan

Tadi malam aku membaca paragraf ini dan aku merasa ada di sana. Mungkin aku juga berproses dalam keadaan keluarga yang seperti itu.
Tahun-tahun belakangan ini aku sering mengutuk keadaan itu dan menyalahkan saudara-saudaraku. Aku adalah korban dari didikan mereka. Entah sampai kapan pola fikir itu akan bertahan. Aku juga masih belum yakin apakah mereka(saudara-saudaraku) menyadari kesalahan itu? Mungkin mereka menyadari, tetapi terlalu naif jika harus mengatakan dan mengakuinya dan sebenarnya hal itu tidak terlalu berarti buatku.
Yang menjadi pelajaran adalah kesadaran dalam melihat diri. Melihat diri, menganalisa dan mengevaluasi diri memang tidak selalu menyenangkan, namun akan banyak berguna untuk sebelum kita melihat, menganalisa dan mengevaluasi yang ada di luar.
Cukup sekian..
Semoga hari Anda semuanya menyenangkan. Amiin.

Komentar