Selalu Mungkin

 Selama musim belum bergulir

Masih ada waktu untuk saling membuka diri

Sejauh batas pengertian

Pintu pun tersibak, cinta mengalir sebening embun


Entah apa yang kurasakan saat ini, seperti terasa bahwa perubahan itu bisa saja terjadi, seberapa pun sulitnya itu.

Aku tengah duduk di kursi, merokok, dan melamun. Kubiarkan waktu untuk diriku begitu. Setelah makan, dan mengajak ibuku makan, juga mengantarkan ke luar untuk berjemur di depan rumah. Sambil memutar lagu Ebit GAD yang kupikir bisa kunikmati bersama bapak yang tengah di belakang.

Setengah batang tengah berlalu dan kulihat bapak sedang menemani ibuku di depan rumah. Entah apa yang mereka bicarakan, sebab sound kuputar dengan begitu keras. Namun melihat mereka bisa saling bicara yang entah apa, dan bertepatan dengan lirik lagu ini, aku jadi merasa begitu positif. Apa yang kukira sudah tidak mungkin, menjadi terasa ada kemungkinan. Entah ini ilusi atau hanya harapan yang ada karena suasana, yang jelas harapan ini terasa nyata.

Sejak kemarin mereka sudah saling bersalaman dan meminta maaf, disaksikan oleh aku dan anaknya yang lain. Namun apakah sudah benar-benar ada pakta perdamaian dalam hati mereka, aku tak bisa tahu. Perseteruan ini sudah ada sejak lama, bahkan mungkin lebih lama dari umurku. Sulit untuk mengubah hanya dalam waktu beberapa hari, bahkan mungkin sudah tak bisa berubah sedikit pun. Orang berumur di atas lima puluh tahun memiliki sedikit sekali peluang untuk berubah, bahkan mungkin sudah tidak bisa lagi.

Bahkan aku sendiri ikut jengkel dengan keadaan yang terjadi. Merasa marah dan menyalahkan keadaan yang terjadi. Padahal aku sendiri tahu kalau itu sia-sia. Seperti anak kecil yang menangis di tengah kebakaran.

Tapi apa yang dikatakan oleh Ebet GAD itu tidak bisa diremehkan. Kata-kata dari seniman yang bernyanyi dengan ‘hatinya’. Kata-kata itu tidak hanya kalimat perhiasan semata. Sungguh memang, tak ada yang bisa melawan kekuatan kata-kata yang diungkapkan dari ‘kepenuhan’ hatinya.

Perubahan itu selalu mungkin.

Komentar